dosen-unpab-mengikuti-seminar-akuntansi-2016_27.jpg

Dosen UNPAB Mengikuti Seminar Akuntansi 2016

Medan-UNPAB: Perwakilan dari Universitas pembangunan Pancabudi Medan, yang terdiri dari Anggi Prtama Nasution, SE.,M.Si (Kaprodi DIII Perpajakan), Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Drs. Najib, Ak.MM.CA, Renny Maisyarah, SE.M.Si.Ak.CA, Handriyani Dwiktia, SE.M.Si, Yunita Sari Riani, SE.M.Si,Ak, dan Rahma Br Purba, SE.M.Si,Ak,CA. Mengikuti Seminar Akuntansi dengan tema Efektivitas Audit Internal dalam Mencegah Fraud, yang di adakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Sumut di Hotel Polonia Medan Sabtu (21/5).

Ketua IAI Wilayah Sumut M Lian Dalimunthe mengatakan, seminar ini diselenggarakan agar para peserta yang sebagian besar adalah inspektorat dan auditor lebih memahami mengenai audit internal untuk mencegah terjadinya kesalahan yang fatal sehingga harus berurusan dengan hukum.

Dikatakan, internal audit (pemeriksaan interen) adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh bagian audit internal perusahaan, terhadap laporan keuangan dan catatan akuntansi perusahaan maupun ketaatan terhadap kebijakan manajemen puncak yang telah ditentukan dan ketaatan terhadap peraturan pemerintah dan ketentuan dari ikatan profesi yang berlaku.

Dalam seminar tersebut, dijelaskan juga terkait fraud, yakni jenis-jenis kecurangan. Association of Certified Fraud Exammination (ACFE, 2000) mengkategorikan kecurangan, yakni kecurangan laporan keuangan (financial statement fraud), penyalah gunaan aset (asset misappropriation) dan korupsi (corruption).

Dia menambahkan, kecurangan sering terjadi pada entitas apabila, pengendalian intern tidak ada, lemah atau tidak efektif, pegawai tidak jujur dan tidak miliki integritas, pegawai diatur, dieksploitasi dengan tidak baik, disalahgunakan atau ditempatkan dengan tekanan yang besar untuk mencapai sasaran dan tujuan yang mengarah pada kecurangan, manajemen melakukan kecurangan, tidak efisien dan atau tidak efektif, serta tidak taat pada hukum dan peraturan yang berlaku dan sebagainya.

"Dengan adanya seminar ini, diharapkan teman-teman dapat mengambil manfaat karena hal ini sebagai pencerah, terutama auditor agar tidak terjerat hukum sehingga menjadi tersangka," ujar Lian yang juga membuka acara seminar tersebut, Sabtu (21/5).

Lian memaparkan, pencegahan kecurangan yang dapat dilakukan salah satunya adalah dengan mengefektifkan auditor internal.

Audit internal yang efektif dapat dicapai diantaranya, internal audit departemen harus mempunyai kedudukan yang independen dalam organisasi perusahaan, harus ada dukungan yang kuat dari top manajemen dan departemen audit internal harus memiliki orang-orang yang profesional, kapabel, bisa bersikap objektif dan mempunyai integritas serta loyalitaas yang tinggi.

"Dalam hal ini diperlukan peran kerjasama yang efektif antara audit internal dengan manajemen untuk membantu manajemen mencapai tujuan dan sasaran yang semaksimal mungkin," katanya.

Adapun, peserta seminar diikuti sedikitnya 200 orang, yang berasal dari auditor, inspektorat, peserta pendidikan akuntansi seluruh Indonesia.

 

 

Berita Lainnya